Bosch targetkan jadi pemasok ‘software’ terkemuka bagi produsen otomotif

Foto tanpa keterangan tanggal ini menunjukkan sebuah perusahaan asal Jerman Bosch Group di Wuxi, Provinsi Jiangsu, China timur. (Xinhua)

Pasar global untuk software dan elektronik otomotif dapat mencapai 462 miliar dolar AS pada 2030, yang setara dengan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 5,5 persen dari 2019.

 

Frankfurt, Jerman (Xinhua) – Bosch, perusahaan asal Jerman, menargetkan untuk menjadi pemasok perangkat lunak (software) global terkemuka bagi para produsen otomotif, demikian diumumkan perusahaan tersebut pada Rabu (19/6).

Pasar global untuk software dan elektronik akan tumbuh dengan laju yang lebih cepat daripada produksi otomotif pada 2030 mendatang, ungkap para konsultan. “Kami juga ingin menjadi pilihan nomor satu bagi para produsen otomotif di seluruh dunia dalam bidang ini,” sebut Stefan Hartung, ketua dewan manajemen Robert Bosch GmbH, dalam pidatonya di acara Bosch Tech Day 2024.

Mengutip perkiraan dari McKinsey, Hartung mengatakan bahwa pasar global untuk software dan elektronik otomotif dapat mencapai 462 miliar dolar AS pada 2030, yang setara dengan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 5,5 persen dari 2019.

Sama halnya dengan software yang telah dikembangkan Bosch untuk digunakan bersama perangkat kerasnya (hardware), perusahaan tersebut juga berinvestasi besar-besaran dalam apa yang disebut sebagai “perangkat lunak mandiri” (standalone software).

Pasar global untuk software
Kanselir Federal Jerman Olaf Scholz mengunjungi Bosch Hydrogen Powertrain Systems (Chongqing) Co., Ltd. di Distrik Jiulongpo, Kota Chongqing, China barat daya, pada 14 April 2024. (Xinhua/Huang Wei)

“Pada akhir dekade ini, kami ingin software buatan kami menghasilkan penjualan yang mencapai miliaran (dolar AS),” ujar Hartung, menekankan bahwa software menjadi “salah satu andalan untuk meraih kesuksesan.”

Pada Selasa (18/6), Presiden Bosch China Xu Daquan dalam konferensi pers mengatakan bahwa perusahaannya yakin dengan prospek China sebagai pasar terbesar di luar Jerman dan menegaskan kembali komitmen Bosch untuk berinvestasi dalam teknologi baru dan berbagai solusi mobilitas pintar.

Dalam satu dekade terakhir, Bosch telah menginvestasikan sekitar 50 miliar yuan atau 6,89 miliar dolar AS di pasar China, kata Xu, seraya menambahkan bahwa Bosch terus meningkatkan investasinya di China dengan berfokus pada elektrifikasi, otomatisasi, dan teknologi internet.

Pasar global untuk software
Seorang pekerja bekerja di Bosch Hydrogen Powertrain Systems (Chongqing) Co., Ltd. di Kota Chongqing, China barat daya, pada 19 April 2024. (Xinhua/Huang Wei)

Xu menekankan bahwa dengan membina tim penelitian dan pengembangan (litbang) di China serta membangun rantai pasokan produk yang andal, Bosch menargetkan untuk mengekspor produk dan teknologi yang dikembangkan secara lokal ke seluruh dunia, kemudian secara bertahap mengintegrasikannya ke dalam pasar global dan juga mendukung fasilitas Bosch di wilayah lain.

*1 dolar AS = 16.368 rupiah

**1 yuan = 2.255 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan