Para ilmuwan temukan sumsum tulang sembuhkan infertilitas

Para ilmuwan temukan sumsum tulang sembuhkan infertilitas
Ilustrasi. (Photo by Daiga Ellaby on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Para peneliti di Universitas Yale menemukan bahwa sumsum tulang perempuan menentukan kemampuannya dalam memulai dan mempertahankan kehamilan, demikian kantor berita Xinhua melaporkan.

Studi yang dipublikasikan pada Kamis (12/9) dalam jurnal PLOS Biology menunjukkan bahwa ketika telur dibuahi, sel-sel induk meninggalkan sumsum tulang dan melakukan perjalanan melalui aliran darah menuju rahim, di mana mereka membantu mengubah lapisan rahim untuk implantasi.

Menurut penelitian tersebut jika selaput rahim gagal melalui transformasi penting itu, embrio tidak dapat ditanamkan, dan tubuh mengakhiri kehamilan.

Dalam percobaan terhadap dua ekor tikus dengan cacat gen yang dapat menyebabkan endometrium rusak, para peneliti menemukan bahwa transplantasi sumsum tulang dari donor yang sehat dapat meningkatkan kesuburan.

Pada tikus dengan hanya satu salinan gen yang rusak, transplantasi menyelamatkan kehamilan yang seharusnya akan hilang dan meningkatkan ukuran janin, sedangkan pada tikus dengan dua salinan gen yang buruk, yang dengan demikian seluruhnya mandul, transplantasi menyebabkan pertumbuhan dan perbaikan endometria yang rusak.

Para peneliti saat ini menerjemahkan temuan-temuan ini ke dalam manusia guna lebih memahami peran yang dimainkan oleh sel-sel induk yang berasal dari sumsum tulang dalam kegagalan implantasi berulang dan keguguran berulang.

“Dua kondisi tersebut pada sebagian besar wanita belum dapat dijelaskan dan belum ada pengobatan yang efektif,” kata Reshef Tal, penulis pertama penelitian tersebut.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here