Obituari – Mantan Presiden Habibie wafat

Obituari - Mantan Presiden Habibie wafat
Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie. (Istimewa)

Rakyat Indonesia tengah berduka atas wafatnya Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie yang meninggal di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto di Jakarta pada hari Rabu, 11 September 2019.

Habibie yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936, meninggal karena usia tua dan komplikasi penyakit pada usia 83 setelah istrinya Hasri Ainun Besari atau dikenal sebagai Hasri Ainun Habibie meninggal pada 22 Mei 2010 pada usia 63.

Sebelum wafat, Habibie meminta keluarganya agar dimakamkan di samping makam istrinya di Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta Selatan.

Habibie meninggalkan dua putra, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Habibie pernah menjadi wakil presiden ke-7 Indonesia menggantikan Try Sutrisno. Dia menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatannya pada 21 Mei 1998.

Memiliki latar belakang teknik dan lulus dari sebuah universitas di Jerman, Habibie pernah menjadi presiden direktur perusahaan manufaktur pesawat terbang Indonesia Nurtanio yang didirikan oleh pemerintah pada 26 April 1976.

Nama perusahaan itu kemudian diubah menjadi IPTN, singkatan dari Industri Pembuatan Pesawat Nusantara pada 11 Oktober 1985, sebelum diubah pada 2 Agustus 2000, menjadi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) hingga sekarang yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Impian terakhir Bapak Teknologi Indonesia itu adalah membuat pesawat R20 yang diharapkan terbang pada 2022.

Pemerintah Indonesia telah mendeklarasikan hari berkabung nasional dan menyerukan untuk menaikkan bendera setengah tiang selama tiga hari hingga 14 September 2019 untuk menghormati mendiang Presiden Habibie yang juga pendiri lembaga Habibie Center.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here