Menlu tegaskan tak ada niat buka hubungan diplomatik dengan Israel

Menlu tegaskan tak ada niat buka hubungan diplomatik dengan Israel
Masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih dan Palestina pada Aksi Bela Al-Quds di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada Mei 2018. (Indonesia Window)
Advertiser Popin

Jakarta (Indonesia Window) – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menegaskan bahwa tidak ada niat pemerintah untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

“Di penghujung 2020, santer terdengar berita seolah Indonesia akan segera membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Saya ingin sampaikan kembali bahwa hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Retno Marsudi dalam pernyataan pers tahunan Menteri Luar Negeri di Jakarta, Rabu.

Menlu menegaskan bahwa Indonesia akan terus memberikan dukungan bagi kemerdekaan Palestina berdasarkan two-state solution dan parameter internasional yang telah disepakati.

Dia menjelaskan, dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 16 Desember 2020, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia tidak berniat membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

“Mengenai isu Palestina, Indonesia mengharapkan situasi kondusif akan tercipta mulai 2021. Diperlukan komitmen semua pihak agar dialog konstruktif, bahkan perundingan langsung dapat terjadi, dengan terus memperhatikan hukum internasional, Resolusi Dewan Keamanan PBB, dan parameter internasional yang telah disepakati,” ujar Menlu Retno.

Dukungan Indonesia bagi bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaannya akan terus dilanjutkan, imbuhnya.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here