Menhan Australia: Indonesia mitra penting

Menhan Australia: Indonesia mitra penting
Pertemuan Menteri Pertahanan Indonesia dan Australia di Nusa Dua, Bali, Jumat (6/12/2019). (Kementerian Pertahanan RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds menyatakan bahwa Indonesia merupkan mitra yang sangat penting bagi Australia, karenanya negara di Kawasan Asia Pasifik tersebut ingin terus menguatkan hubungan bilateral yang telah terjalin lama berdasarkan kepentingan bersama.

Hal tersebut disampaikan oleh Menhan Australia Linda Reynolds saat berdialog dengan timpalannya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada pertemuan Indonesia-Australia Defence Ministers’, yang merupakan forum tertinggi untuk membahas kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan sebelum pertemuan the 6th Indonesia-Australia Foreign and Defence Ministers’ 2+2 di Nusa Dua Bali, pada Jumat, demikian dikutip dari situs jejaring Kementerian Pertahanan.

“Australia menghargai hubungan erat Australia dengan Indonesia sebagai hubungan kemitraan yang komprehensif dan strategis,” ujar Menhan Australia.

Dia menyatakan bahwa Australia mengapresiasi peningkatan dan pengembangan kerja sama pertahanan dengan Indonesia yang telah terjalin erat dan meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun.

Peningkatan kerja sama pertahanan telah memberikan kontribusi besar bagi eratnya hubungan kedua negara.

“Kami menghargai kerja sama bidang pertahanan dalam upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara,” Menhan Australia.

Sejauh ini Indonesia dan Australia telah melakukan sejumlah program kerja sama bidang pertahanan, diantaranya pendidikan, pertukaran kunjungan, patroli terkoordinasi, dan latihan bersama antara Angkatan Bersenjata kedua negara.

Pertemuan bilateral di Bali tersebut merupakan yang kedua kalinya setelah beberapa pekan yang lalu Menhan Indonesia dan Australia bertemu di sela-sela forum ADMM (Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN) Plus di Bangkok, Thailand.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here