Medco tajak sumur eksplorasi pertama pembangkit panas bumi di Blawan Ijen

Medco tajak sumur eksplorasi pertama pembangkit panas bumi di Blawan Ijen
Sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di tanah air. (Kementerian ESDM)

Jakarta (Indonesia Window) – PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya Medco Cahaya Geothermal (MCG) telah melakukan tajak (spud in) sumur eksplorasi pertama Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Blawan Ijen, Jawa Timur.

Pernyataan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diterima di Jakarta, Kamis menyebutkan bahwa tajak sumur eksplorasi tersebut dilakukan untuk sumur pertama (IJN 6-1) dari empat sumur yang direncakan pada tahap eksplorasi.

Pengeboran dua sumur pertama PLTP yang direncanakan berkapasitas 110 megawatt (MW) dilakukan hingga mencapai kedalaman 2.500-3.000 meter dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2020.

Unit 1 pembangkit tersebut ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada 2022-2023.

Direktur Utama Medco Power Eka Satria mengatakan tajak sumur tersebut adalah awal dari pengembangan PLTP yang ramah lingkungan, menyusul PLTP Sarulla yang telah dikembangkan Medco sebelumnya.

“Dimulainya tajak sumur ini merupakan komitmen Medco dalam mengembangkan PLTP yang ramah lingkungan menyusul proyek sebelumnya,  PLTP Sarulla 330 MW di Tapanuli Utara. Kegiatan pengeboran ini adalah kelanjutan dari hasil pengeboran dua sumur slim hole yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Eka Satria.

Medco Cahaya Geothermal merupakan perusahaan patungan antara Medco Power Indonesia dengan Ormat Geothermal Power yang telah memiliki Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PLN untuk jangka waktu 30 tahun.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here