Masjid Merah Putih hadir di Ronting, NTT

Masjid Merah Putih hadir di Ronting, NTT
Masjid Merah Putih yang juga dikenal dengan nama Masjid Al Istiqomah Ronting Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Parni Hadi)

Jakarta (Indonesia Window) – Masjid Merah Putih yang pembangunannya dibiayai oleh Yayasan Dompet Dhuafa kini hadir di daerah Ronting, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Masjid Merah Putih yang juga dikenal dengan nama Masjid Al Istiqomah Ronting tersebut diresmikan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesian ke-74 pada 17 Agustus 2019 oleh Pendiri dan Pembina Yayasan Dompet Dhuafa, Parni Hadi.

Parni Hadi yang pernah memimpin tiga media massa besar di Indonesia itu mengatakan melalui pesan singkatnya di media sosial pada Senin bahwa pembangunan Masjid Merah Putih merupakan syiar agama Islam dengan tema pemberdayaan ekonomi, kesejahteraan, pendidikan dan budaya yang didasari oleh iman dan taqwa.

Parni Hadi yang juga seorang wartawan senior itu mengatakan bahwa pembangungan masjid dengan kubah yang unik berwarna merah putih juga telah berdiri sebelumnya di  Parung, Bogor, Jawa Barat, pada  29 April, 2016.

Dia menjelaskan bahwa warna merah putih pada kubah masjid tersebut terinspirasi dari semangat Maha Patih Gajah Mada pada masa Kerajaan Majapahit yang mengusung Panji Gula Kelapa dalam upaya menyatukan seluruh wilayah nusantara.

Dalam falsafah Gula Kelapa, gula ditunjukkan dengan warna merah (gula merah) dan kelapa dilambangkan dengan warna putih (daging buah).

Dompet Dhuafa adalah sebuah lembaga donasi Islam yang bersumber antara lain dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf  dalam upaya memberdayakan kaum dhuafa (kurang mampu) melalui pendekatan budaya seperti kegiatan filantropis dan wirausaha sosial.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here