Malaysia terus cari solusi konflik Palestina-Israel

Malaysia terus cari solusi konflik Palestina-Israel
Bendera Palestina.

Jakarta (Indonesia Window) – Malaysia akan terus berperan aktif dalam mencari solusi bagi konflik Palestina-Israel yang mendukung pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.

Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Marzuki Yahya mengatakan pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada Palestina dalam hal politik, ekonomi, aspek sosial serta bantuan keuangan, demikian dikutip dari Kantor Berita Bernama di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikan dalam sesi khusus di Parlemen Malaysia pada Senin (25/11).

Sesi tersebut diadakan atas pembicara Dewan Rakyat (Parlemen Malaysia) Mohamad Ariff Md Yusof. Sesi itu memperdebatkan mosi khusus untuk mengecam serangan udara oleh rezim Zionis yang menewaskan dan melukai warga sipil di Jalur Gaza baru-baru ini.

Marzuki menggambarkan peristiwa tersebut sebagai tindakan yang ekstrem dan tidak menghormati hukum internasional. Dia menegaskan Malaysia sangat mengutuk serangan Israel tersebut.

“Serangan itu dapat dianggap sebagai pelanggaran Pasal 3 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia tentang hak setiap orang untuk hidup, kebebasan dan keamanan,” katanya.

Selama sesi tersebut, anggota parlemen Takiyuddin Hassan mengusulkan agar pemerintah menyatakan solidaritas atas Palestina dan membantu memperkuat upaya organisasi non-pemerintah setempat untuk mengadili orang Israel di Pengadilan Kriminal Internasional.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here