Panda raksasa Ya Ya tiba di Shanghai China

Panda raksasa Ya Ya tiba di Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai di Shanghai, China timur, pada 27 April 2023. (Xinhua/Zhang Haibo)

Kebun Binatang Shanghai telah menyiapkan banyak bambu dan makanan suplemen untuk panda raksasa betina Ya Ya yang tiba di Shanghai dari Amerika Serikat (AS) pada Kamis (27/4) pukul 16.26 Waktu Beijing atau 15.26 WIB.

 

Beijing, China (Xinhua) – Panda raksasa betina Ya Ya tiba di Shanghai dari Amerika Serikat (AS) pada Kamis (27/4) pukul 16.26 Waktu Beijing atau 15.26 WIB, demikian menurut Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China.

Didampingi oleh sejumlah dokter hewan dan pekerja terkait lainnya, Ya Ya kini menuju ke sebuah lokasi karantina khusus yang didirikan oleh Kebun Binatang Shanghai. Ya Ya akan tinggal selama sebulan di lokasi karantina itu.

Kebun Binatang Shanghai telah menyiapkan banyak bambu dan makanan suplemen untuk panda berusia 23 tahun tersebut. Sebuah tim ahli dari Kebun Binatang Beijing akan tinggal di lokasi karantina untuk memenuhi kebutuhan Ya Ya selama periode itu.

Tim akan memberikan perawatan, pemantauan kesehatan, diagnosis, dan pengobatan untuk panda tua itu guna membantunya beradaptasi dengan kehidupan di kampung halamannya.

Ya Ya lahir di Kebun Binatang Beijing pada 3 Agustus 2000. Dia dan panda raksasa lainnya, Le Le, tiba di Kebun Binatang Memphis pada April 2003 sebagai utusan persahabatan, dan mereka disambut dengan hangat.

Sayangnya, Le Le mati karena penyakit jantung pada Februari tahun ini, menjelang jadwal pemulangan pasangan panda tersebut ke China. Jasad panda berusia 25 tahun itu dipulangkan menggunakan penerbangan yang sama dengan Ya Ya.

Untuk mempersiapkan kepulangan Ya Ya, seorang dokter hewan dan penjaga panda dari Kebun Binatang Beijing tiba di Kebun Binatang Memphis bulan lalu. Mereka bekerja bersama para ahli dari Asosiasi Taman Zoologi China yang telah tiba lebih awal untuk membiasakan diri dengan kebiasaan dan kondisi makan Ya Ya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan