Makin banyak bayi meninggal kepanasan dalam mobil di AS akibat orangtua lalai

Ilustrasi. Bahkan jika jendela dibiarkan sedikit terbuka, suhu di dalam mobil bisa mencapai 51,6 derajat Celsius dalam hitungan menit, dan tubuh anak menjadi terlalu panas hingga lima kali lebih cepat daripada orang dewasa. (Darwin Vegher on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) –  Seorang bayi laki-laki berusia 3 bulan meninggal pada Kamis (16/6) karena kepanasan setelah dia ditinggalkan di dalam mobil oleh orangtuanya selama beberapa jam, kata polisi di Pennsylvania, AS.

Suhu saat itu mencapai 33,3 derajat Celsius, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Langkah-langkah penyelamatan gagal, dan anak itu dinyatakan meninggal di tempat kejadian, menurut pihak berwenang.

“Polisi Upper Saint Clair menyimpulkan bayi itu ditinggalkan di dalam kendaraan orangtuanya selama beberapa jam dan meminta detektif pembunuhan untuk menyelidiki kejadian ini,” kata pernyataan polisi. Insiden ini sedang diselidiki.

bayi meninggal dalam mobil as
Ilustrasi. Rata-rata, 38 anak di AS meninggal dalam mobil yang panas setiap tahun. (Helena Jankovičová Kováčová from Pixabay)

Bayi lelaki tersebut adalah anak kelima yang meninggal dalam mobil yang panas tahun ini di Amerika Serikat, menurut KidsAndCars.org.

Seorang anak berusia 1 tahun meninggal pada 19 Mei lalu saat suhu mencapai 32,7 derajat Celsius di dalam kendaraan di luar pusat penitipan anak Memphis, Tennessee, kata polisi. 

Pusat penitipan anak tersebut, Education is the Key Children’s Center, ditutup beberapa hari kemudian setelah operator menyerahkan lisensi fasilitas tersebut, kata Departemen Layanan Kemanusiaan Tennessee kepada The Commercial Appeal.

Beberapa pekan sebelumnya, seorang bayi perempuan berusia 8 bulan meninggal setelah dia ditinggalkan di dalam mobil selama berjam-jam pada 3 Mei 2022 ketika ayahnya ditahan di kantor polisi Snellville, Georgia. 

Menurut layanan cuaca, suhu mencapai 30 derajat Celsius pada hari itu di Atlanta, yang terletak sekitar 30 mil timur laut Snellville. Ayah bayi itu didakwa dengan pembunuhan tingkat dua sehubungan dengan kematian si anak.

Bahkan jika jendela dibiarkan sedikit terbuka, suhu di dalam mobil bisa mencapai 51,6 derajat Celsius dalam hitungan menit, dan tubuh anak menjadi terlalu panas hingga lima kali lebih cepat daripada orang dewasa, menurut KidsAndcars.org.

Organisasi itu menyarankan agar para orangtua dan pengasuh menempatkan benda di kursi depan guna mengingatkan mereka tentang anak-anak yang berada di kursi belakang, dan untuk selalu memeriksa mobil jika membawa hewan peliharaan. Mereka juga mengatakan, mobil harus tetap terkunci saat semua anggota berada di luar sehingga anak-anak tidak bisa masuk.

Rata-rata, 38 anak di AS meninggal dalam mobil yang panas setiap tahun.

Sumber: NBC News

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan