Kapal penjelajah bertenaga nuklir baru Rusia akan mulai uji coba di laut pada Agustus 2024

Foto dokumentasi ini menunjukkan sejumlah kapal perang Rusia berlayar dalam parade tahunan Hari Angkatan Laut di Kronstadt di St. Petersburg, Rusia, pada 28 Juli 2019. (Xinhua/Lin Jian)

Kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir Project 1144.2 Laksamana Nakhimov merupakan kapal permukaan (surface vessel) terbesar di Angkatan Laut Rusia dengan bobot lebih dari 25.000 ton. Kapal itu dirancang untuk menghancurkan target permukaan berukuran besar serta menyediakan pertahanan udara dan antikapal selam yang komprehensif. 

 

Moskow, Rusia (Xinhua) – Kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir Rusia Laksamana Nakhimov akan memulai uji coba di laut pada Agustus 2024, demikian dilaporkan media setempat pada Kamis (20/6).

Kapal tersebut saat ini hampir selesai, dan uji coba pembangkit listrik utama serta unit-unit lainnya akan dimulai pada Agustus tahun ini, ungkap Penjabat Panglima Tertinggi Angkatan Laut Rusia Laksamana Alexander Moiseyev sebagaimana dikutip oleh sejumlah media.

Kapal penjelajah itu akan dilengkapi dengan sejumlah sistem persenjataan baru, termasuk rudal Tsirkon hipersonik dan peralatan teknis radio baru, kata Moiseyev.

Dia menuturkan bahwa kapal tersebut telah dimodernisasi sepenuhnya dan uji coba diperkirakan akan selesai pada 2025.

Kapal penjelajah tempur multifungsi Project 1144.2 Laksamana Nakhimov merupakan kapal permukaan (surface vessel) terbesar di Angkatan Laut Rusia dengan bobot lebih dari 25.000 ton. Kapal itu dirancang untuk menghancurkan target permukaan berukuran besar serta menyediakan pertahanan udara dan antikapal selam yang komprehensif.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan