Kantor berita OKI diharapkan tingkatkan konten masyarakat Muslim

Kantor berita OKI diharapkan tingkatkan konten masyarakat Muslim
Dr. Majid Bin Abdullah Al-Qasabi, Penjabat Menteri Media di Arab Saudi dan Ketua Dewan Eksekutif UNA-OKI.

Jakarta (Indonesia Window) – Kantor berita negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (UNA) diharapkan berperan dalam mengkonsolidasikan aksi bersama Islam, dan meningkatkan konten media yang memenuhi aspirasi masyarakat dan pemerintah negara-negara Islam.

Hal tersebut ditekankan dalam komunike akhir yang dikeluarkan setelah pertemuan virtual pertama Persatuan Kantor Berita Organisasi Kerja Sama Islam (UNA-OKI) yang diadakan di Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu (16/5) bertema “Peran Kantor Berita Dalam Mendukung Upaya Menghadapi Pandemik Virus Corona”.

Selain itu, kantor berita negara anggota OKI juga diharapkan menyediakan layanan berita yang berbeda dan beragam yang akurat dan obyektif.

Komunike tersebut menyerukan kepada kantor-kantor berita dan UNA untuk mempromosikan pertukaran berita dan laporan media yang terintegrasi dalam menghadapi virus corona dan krisis lainnya.

Mengingat konsekuensi pandemik COVID-19, pertemuan itu meminta kantor berita resmi untuk mengambil inisiatif dalam menguatkan peran mereka menghadapi tantangan media sosial dan situs jejaring.

Hal tersebut dapat dicapai dengan memenuhi kualifikasi ilmiah dan pelatihan berkelanjutan bagi kader-kader khusus, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi di berbagai cabang media dengan memanfaatkan peluang yang disediakan oleh media komunikasi moderen dan aplikasi akses luas ke publik dan pejabat.

Komunike menyerukan kepada kantor-kantor berita dan UNA untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada Kantor Berita dan Informasi Palestina (WAFA) dan para profesional media Palestina yang secara bersamaan menderita dua pandemik, yakni COVID-19 dan pendudukan ilegal atas tanah air mereka.

Pertemuan tersebut menghargai dukungan dan perhatian Penjabat Menteri Media Arab Saudi, Ketua Dewan Eksekutif Uni, Dr. Majid Al-Qasabi, dan Sekretaris Jenderal OKI, Dr. Yousef Al-Othaimeen atas proyek dan program UNA.

Kemitraan

Sementara itu Presiden Kelompok Bank Pembangunan Islam (IsDB) Dr. Bandar Hajjar menyatakan kesediaan organisasi itu untuk membangun kemitraan yang efektif dengan UNA dalam bentuk pelaksanaan proyek dan program pelatihan bagi para jurnalis kantor berita negara anggota OKI.

Program pelatihan khusus bersama itu dirancang guna mempersiapkan kader media dari negara anggota untuk melakukan kampanye jurnalisme investigatif dengan efisiensi tinggi, dan memberikan analisa yang akurat dan mendalam tentang dampak ekonomi dari pandemic COVID-19.

Komunike terakhir mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman Bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman atas dukungan mereka kepada UNA-OKI.

Pertemuan itu juga menghargai dukungan Pemerintah Uni Emirat Arab, Kesultanan Oman, Kerajaan Bahrain, Republik Arab Mesir, dan Republik Azerbaijan kepada UNA.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here