Indonesia tunjuk konsul kehormatan di Durban

Indonesia tunjuk konsul kehormatan di Durban
Pemerintah Indonesia secara resmi menunjuk Ebrahim Patel sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI yang berkedudukan di Durban, Afrika Selatan guna memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara. (Kementerian Luar Negeri RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Indonesia secara resmi menunjuk Ebrahim Patel sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI yang berkedudukan di Durban, Afrika Selatan guna memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara, menurut pernyataan dari Kedutaan Besar RI (KBRI) di Pretoria yang diterima di Jakarta, Rabu.

Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan merangkap negara-negara lainnya, Salman Al Farisi, menyatakan kehadiran Konhor RI merupakan cerminan keseriusan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kerja sama bilateral dengan Afrika Selatan, khususnya Propinsi KwaZulu Natal.

Ebrahim Patel berperan sebagai jembatan penghubung antara berbagai pemangku kepentingan Indonesia dan Afrika Selatan guna memenuhi kepentingan kedua negara, khususnya di sektor ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

“Durban merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Afrika Selatan yang memiliki akses pasar yang luas, tidak hanya Afrika Selatan tapi juga negara-negara sekitarnya. Karenanya, Indonesia melihat kota Durban sebagai lokasi strategis yang memiliki potensi kerja sama perekonomian yang tinggi,” ujar Dubes Salman.

Dalam kesempatan tersebut Dubes RI mengadakan pertemuan dengan Premier Provinsi KwaZulu-Natal dan anggota dewan eksekutif, Nomusa Dube Ncube, guna membahas upaya-upaya peningkatan kerja sama pasca pandemik COVID-19.

Selain itu, KBRI juga melakukan pertemuan dengan Otoritas Pelabuhan di Durban guna berkoordinasi terkait penanganan ABK (anak buah kapal) WNI yang berada di wilayah perairan Afrika Selatan.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here