Indonesia soroti industri global pulihkan pandemik pada pertemuan PBB

Indonesia soroti industri global pulihkan pandemik pada pertemuan PBB
Indonesia akan menyoroti sejumlah isu yang menjadi kepentingan nasional, terutama kerja sama industri global untuk pemulihan dampak pandemik dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam pertemuan 'Industrial Development Board' (IDB) Organisasi Pembangunan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO).

Jakarta (Indonesia Window) – Indonesia akan menyoroti sejumlah isu yang menjadi kepentingan nasional, terutama kerja sama industri global untuk pemulihan dampak pandemik dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam pertemuan Industrial Development Board (IDB) Organisasi Pembangunan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO).

Indonesia terpilih secara aklamasi sebagai presiden pertemuan IDB yang akan berlangsung pada 23-25 November 2020.

IDB merupakan salah satu badan pembuat kebijakan UNIDO yang bertugas merumuskan dan meninjau kemajuan program kerja serta anggaran Badan PBB tersebut, serta membuat rekomendasi kepada General Conference UNIDO tentang berbagai kebijakan, termasuk pengangkatan Direktur Jenderal.

IDB beranggotakan 53 negara, dan Indonesia merupakan anggota hingga tahun 2023.

Indonesia diharapkan terus meningkatkan kerja sama dengan UNIDO dan pihak terkait lainnya sehingga memperoleh lebih banyak manfaat.

Salah satu program yang dinilai berhasil di Indonesia SMART-Fish, yang telah mendorong investasi di sektor perikanan hingga 11,7 juta dollar AS (sekira 165,5 miliar rupiah).

Investasi tersebut diberikan oleh mitra program SMART-Fish yang sejalan dengan strategi Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sektor perikanan guna mengurangi kemiskinan.

UNIDO membantu negara anggotanya mencapai pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Kerja sama antara Indonesia dan UNIDO dilakukan melalui kerangka kerja Indonesia UNIDO Country Partnership (IUCP) 2016-2020.

Saat ini Indonesia tengah menjajaki IUCP periode 2021-2025 dengan fokus akselerasi Industri 4.0.

Wakil Tetap RI di Wina, Duta Besar Darmansjah Djumala, akan memimpin pertemuan sesi ke-48 UNIDO.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here