Indonesia gelar pameran perdagangan interasional pada November 2020

Indonesia gelar pameran perdagangan interasional pada November 2020
Ilustrasi. Pameran perdagangan internasional Trade Expo Indonesia (TEI) akan digelar secara virtual pada 10-16 November 2020 guna mendorong ekspor nasional di tengah pandemik COVID-19. (Danielle Papanikolaou from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Pameran perdagangan internasional Trade Expo Indonesia (TEI) akan digelar secara virtual pada 10-16 November 2020 guna mendorong ekspor nasional di tengah pandemik COVID-19, kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Jakarta, Senin.

TEI virtual diharapkan membuka era baru dalam penyelenggaraan pameran dalam upaya menambah pendapatan pengusaha dan eksportir dengan melakukan business matching dan program lainnya selama acara berlangsung, kata mendag dalam jumpa pers virtual.

Agus Suparmanto mengatakan, pameran yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tersebut diharapkan menarik lebih banyak peserta dengan nilai transaksi lebih besar dibandingkan dengan TEI 2019 yang dihadiri sekitar 33.330 peserta dengan nilai transaksi 10,96 miliar dolar AS (sekira 162,2 triliun rupiah).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional pada Kementerian Perdagangan, Kasan, mengatakan tim kementerian sudah menginformasikan pameran yang akan datang ke sejumlah negara termasuk kedutaan besar di 132 negara.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani mengatakan TEI yang akan datang merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh dunia usaha, baik di dalam maupun luar negeri.

“Di tengah era pandemik COVID-19, kita harus terus maju, berinovasi, dan berkreasi untuk mendukung acara yang sudah lama dinantikan ini,” kata Roeslani.

Dia berharap melalui pameran tersebut, produk Indonesia dapat menembus pasar non-tradisional di Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here