Indeks keyakinan konsumen Indonesia pada Mei meningkat jadi 104,4

Indeks keyakinan konsumen Indonesia pada Mei meningkat jadi 104,4
Suasana pasar tradisional di Sentul, Bogor, Jawa Barat. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2021 meningkat menjadi 104,4 dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 101,5.

Keyakinan konsumen terpantau membaik di sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok umur responden, menurut laporan survei konsumen yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam pernyataan Rabu (9/6).

Secara spasial, keyakinan konsumen meningkat di enam kota yang disurvei, dengan tingkat tertinggi di Medan (Sumatera Utara), diikuti oleh Surabaya (Jawa Timur) dan Manado (Sulawesi Utara).

Optimisme konsumen pada Mei 2021 dipicu oleh persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, meskipun masih berada di bawah ambang batas 100 poin yang mengindikasikan pesimisme, terutama dari sisi ketersediaan lapangan kerja, pendapatan, dan kondisi pembelian barang tahan lama.

Survei tersebut menunjukkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi akan tetap relatif stabil ke depan.

Sementara itu, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja meningkat, sedangkan ekspektasi kegiatan usaha dan pendapatan cukup kuat meskipun lebih rendah dari level bulan sebelumnya.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here