Indeks kepercayaan konsumen Indonesia 96,5 pada Desember 2020

Indeks kepercayaan konsumen Indonesia 96,5 pada Desember 2020
Suasana pasar tradisional pada masa pandemik COVID-19 di daerah Sentul, Kabupaten Bogor. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Survei Bank Indonesia pada Desember 2020 menunjukkan kepercayaan konsumen Indonesia meningkat mendekati zona optimis terhadap kondisi perekonomian negara.

Peningkatan tersebut tercermin dari indeks kepercayaan konsumen pada Desember 2020 sebesar 96,5 dibandingkan bulan sebelumnya 92,0, kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Kepercayaan konsumen yang lebih kuat terpantau di semua kategori pengeluaran dan pendidikan, katanya.

Secara spasial, kepercayaan konsumen meningkat di 14 kota yang disurvei, dengan peningkatan tertinggi di ibu kota provinsi Lampung, Bandar Lampung, diikuti Jakarta dan Denpasar (Bali), imbuhnya.

Menurut Erwin, membaiknya kepercayaan konsumen pada Desember 2020 didorong oleh meningkatnya persepsi tentang kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ke depan.

Dia mengatakan membaiknya persepsi tersebut didukung oleh ketersediaan lapangan kerja, pendapatan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama, serta kuatnya ekspektasi kondisi ekonomi yang didorong oleh kesiapan lapangan kerja.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here