Banner

Ilmuwan China temukan gen tahan kekeringan pada padi

Ilustrasi. (Sergio Camalich on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Sebuah tim peneliti China telah menemukan gen baru yang dapat meningkatkan ketahanan padi terhadap kekeringan, kata sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Plant Biotechnology Journal.

Gen OsRINGzf1 dapat mengurangi kehilangan air sel dengan mengurangi saluran air dalam sel, sehingga meningkatkan kemampuan tanaman padi untuk menahan air dalam kondisi kekeringan, kata penelitian tersebut.

Banner

Tim peneliti membandingkan banyak tanaman padi yang tumbuh di bawah kondisi kekeringan dengan yang tumbuh di bawah kondisi normal untuk menemukan gen yang mengatur ketahanan kekeringan, kata Liu Hongyan dari Shanghai Agrobiological Gene Center, penulis penelitian terkait.

Mereka mengidentifikasi OsRINGzf1 dengan memetakan kromosom 4 beras, kata Liu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi gen yang berlebihan meningkatkan ketahanan padi terhadap kekeringan dan cekaman garam, sedangkan penghapusan gen membuat beras lebih sensitif terhadap kekeringan, kata Chen Shoujun, penulis pertama penelitian tersebut.

Banner

Dalam kondisi kekeringan, padi yang mengekspresikan gen secara berlebihan menghasilkan 10 persen lebih banyak beras daripada kelompok kontrol, sehingga mengurangi kehilangan hasil yang disebabkan oleh kekeringan, kata Chen.

Sumber: Xinhua

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan