Haji1442 – Kepresidenan umumkan kesiapan terima jamaah 2021

Haji1442 – Kepresidenan umumkan kesiapan terima jamaah 2021
Jamaah haji menerapkan "social distancing" dengan menjaga jarak setidaknya 1,5 meter antara satu sama lain saat menunaikan tawaf qudum (selamat datang) untuk memulai ibadah haji pada hari tarwiyah (8 Dzulhijjah 1441 Hijriah) atau Rabu (29/7/2020). (Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi/Kementerian Media Arab Saudi)

Jakarta (Indonesia Window) – Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci mengumumkan selesainya pembahasan semua prosedur penerimaan jamaah haji 1442 hijriah/2021, termasuk peraturan untuk mematuhi protokol kesehatan dan langkah-langkah pencegahan yang diterapkan di Dua Masjid Suci (Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah).

Juru bicara Kepresidenan Umum Hani bin Husni Haidar mengatakan bahwa pihaknya mewajibkan jamaah haji dan semua petugasnya yang berpartisipasi dalam pelayanan ibadah untuk mendapatkan vaksinasi melawan COVID-19, demikian dikutip dari Kantor Berita Arab Saudi (SPA).

Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menjaga keselamatan para petugas haji dan jamaah selama berada di Masjidil Haram, sehingga seluruh ritual ibadah diharapkan dapat ditunaikan dengan rasa aman dan nyaman.

Haidar menekankan bahwa kepresidenan dan para pemangku kepentingan lainnya di Dua Masjid Suci akan menerapkan langkah-langkah pencegahan dalam upaya untuk melindungi keselamatan para jamaah.

Kepresidenan menyerukan semua pihak untuk bekerja sama dan berkomitmen dalam menjalankan prosedur pencegahan, termasuk menjaga jarak fisik satu sama lain demi kesehatan dan keselamatan publik.

Sebelumnya pada Sabtu (12/6), Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk membatasi jumlah jamaah haji tahun ini hingga hanya 60.000 orang, termasuk warga asing yang tinggal di kerajaan.

Sebelum pandemik COVID-19 melanda seluruh dunia, ibadah haji yang merupakan Rukun Islam kelima diikuti oleh setidaknya 2,5 juta jamaah.

Pelaksanaan ibadah haji merupakan bagian dari Idul Adha yang dirayakan oleh seluruh Umat Islam di dunia setiap tanggal 1 Dzulhijjah, yang tahun ini diperkirakan jatuh pada 20 Juli 2021.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here