Gempa M 6.2 guncang Majene, Sulbar tewaskan puluhan jiwa

Gempa M 6.2 guncang Majene, Sulbar tewaskan puluhan jiwa
Gempa bumi dengan magnitudo 6.2, atau IV-V skala MMI, menggunjang Kabupaten Majene di Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WIB. (BMKG/Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Gempa bumi dengan magnitudo 6.2, atau IV-V skala MMI, menggunjang Kabupaten Majene di Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) pukul 01.28 WIB.

Data Badan Meterologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) menyebutkan bahwa gempa tersebut berkedalaman 10 kilometer dengan pusat gempa di darat berjarak 6 kilometer Timur Laut Majene, dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa tektonik itu juga dirasakan hingga Palu (Sulawesi Tenggara) dan Makassar (Sulawesi Selatan), masing-masing dengan kekuatan III MMI dan II MMI.

Sedikitnya 37 orang tewas akibat gempa tersebut, kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Jumat.

Gempa juga menyebabkan 637 orang terluka dan sekitar 15.000 lainnya mengungsi di 10 posko pengungsian.

Sebanyak 300 rumah, hotel, gedung pemerintahan, rumah sakit dan minimarket rusak berat dan hancur, sementara aliran listrik, saluran komunikasi, dan jalan raya terputus.

Sebelumnya pada Kamis (14/1), gempa bumi bermangnitudo 5,9 mengguncang lokasi yang sama pada pukul 14.35 waktu setempat.

BMKG mencatat 28 gempa bumi telah terjadi sejak 14 Januari 2021 di lokasi yang sama dan gempa susulan masih mungkin terjadi.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here