Festival Indonesia segera hadir di Baku

Festival Indonesia segera hadir di Baku
Indonesian Cultural Festival 2018 di Baku, Azerbaijan. (KBRI Baku)

Jakarta (Indonesia Window) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baku, Azerbaijan, untuk keempat kalinya  akan menyelenggarakan Indonesian Cultural Festival yang terdiri atas beragam  kegiatan dan akan dimulai pada 9-16 September, kata Duta Besar Indonesia untuk  Azerbaijan, Husnan Bey Fananie.

“Seperti biasanya, festival tahun ini akan menghadirkan keindahan dan semaraknya Indonesia ke kota Baku. Masyarakat Azerbaijan akan dapat menyaksikan langsung budaya, hiburan, dan makanan Indonesia,” kata Husnan dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Indonesia Window di Jakarta, Rabu.

Menurut Duta Besar, festival ini diselenggarakan untuk menjalin hubungan yang lebih akrab antara masyarakat Azerbaijan dengan Indonesa dan diharapkan dapat  meningkatkan kerjasama antar kedua negara terutama di bidang ekonomi dan pendidikan.

Pada 9 September 2019, KBRI Baku akan menyelenggarakan resepsi diplomatic dan pada 11 September 2019, akan menggelar pementasan budaya Indonesia di sebuah gedung pertunjukan bergengsi di kota Baku, yakni Heydar Aliyev Palace, kata Duta Besar.

“Pada 12 September 2019 di pagi harinya akan diadalan seminar multikulturalisme di bidang literatur Indonesia dan Azerbaijan dan pada malam harinya akan diadakan pertemuan bisnis antara pengusaha dari kedua negara,” Husnan menambahkan.

Acara puncak yang akan diadakan pada 13-15 September 2019 di alun-alun jantung kota Baku yaitu, Fountain Square, akan menggelar pameran produk unggulan Indonesia dan pementasan budaya Indonesia.

Sementara itu pada 16 September 2019, Kementerian Pariwisata RI dijadwalkan akan mengadakan misi dagang dengan mengundang operator perjalanan wisata l Azerbaijan.

Tahun ini acara Festival Indonesia di Baku akan diramaikan oleh musisi dan seniman dari Indonesia seperti Musik Dekat, Tanayu, Sandya Barya Angklung IIP BUMN, Pencak Silat PSHT Reog, Studio Seni Indonesia dan Rumah Angklung.

Tim tari mahasiswa dari pusat studi Indonesia di Azerbaijan University of Languages yang diasuh oleh KBRI Baku juga akan tampil dan membawakan tarian dari berbagai provinsi di Indonesia.

Festival ini juga didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Parwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Pemerintah Kota Malang.

Berbagai pengusaha yang hadir, cukup mewakili berbagai produk unggulan dari Indonesia, mulai dari batik, tenun, kopi dan cokelat Indonesia, produk olahan kelapa, kosmetik dan produk perawat tubuh, cemilan dan makanan Indonesia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here