Dubes: investasi kuatkan hubungan ekonomi Indonesia-Afsel

Dubes: investasi kuatkan hubungan ekonomi Indonesia-Afsel
Indonesia-Afrika Selatan.

Jakarta (Indonesia Window) – Kondisi ekonomi Afrika Selatan dan negara sekitarnya dalam akreditasi Kedutaan Besar RI di Pretoria mempengaruhi strategi Pemerintah Indonesia dalam memperluas pasar potensial bagi produk Indonesia.

Pengeluaran sektor rumah tangga yang rendah pada 2019 menunjukkan bahwa konsumen Afrika Selatan masih rentan secara finansial, demikian pernyataan yang dikutip dari situs jejaring Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Jumat.

Selain tingkat pertumbuhan ekonomi yang melambat menjadi sekitar 0,7 persen pada 2019, Afrika Selatan menghadapi pengangguran sebesar 29,1 persen yang menempatkannya sebagai negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia.

Namun demikian, Afrika Selatan dinilai masih berpotensial menjadi mitra ekonomi bagi Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi meyakini investment-led model atau model investasi bisa menjadi salah satu mekanisme kerja sama antara kedua negara.

Para pengusaha Indonesia harus mempertimbangkan untuk melakukan investasi di negara-negara Afrika yang akan meningkatkan ekspor, katanya.

Menurut Dubes Salman, Membantu perekonomian negara setempat melalui pembukaan lapangan kerja baru, akan meningkatkan awareness, demand dan daya beli produk-produk tanah air.

Hal ini diantaranya dapat dilakukan dengan mengekspor produk setengah jadi dari Indonesia, sedangkan proses akhir pembuatan produk dapat dilakukan melalui kemitraan dengan pihak lokal.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here