COVID-19 – Tahap dua uji vaksin Rusia selesai 3 Agustus

COVID-19 - Tahap dua uji vaksin Rusia selesai 3 Agustus
Ilustrasi. Tahap pertama pengujian vaksin COVID-19 buatan Rusia yang dikembangkan di Pusat Penelitian untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi NF Gamaleya berjalan sukses, dan tahap kedua akan berakhir pada 3 Agustus 2020. (Photo by CDC on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Tahap pertama pengujian vaksin COVID-19 buatan Rusia yang dikembangkan di Pusat Penelitian untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi NF Gamaleya berjalan sukses, dan tahap kedua akan berakhir pada 3 Agustus 2020, kata kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) Kirill Dmitriev pada Kamis (16/7).

“Kemarin, tahap pertama pengujian klinis vaksin Rusia berakhir, dan berjalan sangat sukses. Tahap kedua pengujian vaksin akan berakhir pada 3 Agustus,” katanya seperti dikutip dari Kantor Berita TASS.

Menurut RDIF, Rusia akan memproduksi sekitar 30 juta dosis vaksin COVID-19 pada akhir tahun 2020, dengan jumlah yang dibutuhkan 50 juta dosis. Vaksinasi penuh Rusia diharapkan selesai pada awal 2021.

Secara global, sekitar 200 juta dosis vaksin diperkirakan akan diproduksi pada akhir tahun 2020.

“Menurut prediksi, tahun depan, sekitar tiga milyar vaksin berdasarkan vektor adenovirus akan diproduksi tidak hanya vaksin Rusia, tetapi juga vaksin dari Universitas Oxford dan vaksin dari China,” tambah Dmitriev.

Adenovirus adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit dengan gejala seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, radang paru-paru, diare, dan mata merah muda (konjungtivitis).

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here