COVID-19 – Penanganan pandemik Rusia lebih baik dalam sejarah pasca Soviet

COVID-19 – Penanganan pandemik Rusia lebih baik dalam sejarah pasca Soviet
Rusia dengan percaya diri melewati tahun 2020, mengatasi pandemik COVID-19 lebih baik daripada krisis lainnya dalam sejarah pasca Soviet. (Fusion Medical Animation on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Rusia dengan percaya diri melewati tahun 2020, mengatasi pandemik COVID-19 lebih baik daripada krisis lainnya dalam sejarah pasca Soviet, kata Presiden Institut Riset Nasional Primakov untuk Ekonomi Dunia dan Hubungan Internasional Alexander Dynkin saat berbicara pada pembukaan sebuah forum pada Selasa (8/6).

“Jika kita berbicara tentang Rusia, negara ini melewati tahun 2020 lebih baik daripada krisis global lainnya dalam 30 tahun sejarah pasca Soviet,” kata pakar itu.

“Kami memiliki pasar yang maju dan stabil, sistem perbankan yang tahan tekanan. Kami memiliki tingkat swasembada yang tinggi dalam bahan baku, energi, dan makanan,” imbuhnya.

Dynkin mengatakan bahwa utang negara Rusia mencapai 17 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto), yang secara signifikan lebih kecil daripada di sebagian besar negara asing.

Menurut dia, terlepas dari semua tantangan itu, Rusia berhasil melengkapi kembali pasukan strategisnya seiring jalur inovatif yang maju.

“Sistem inovasi nasional kami mampu menciptakan salah satu vaksin pertama dan terbaik di seluruh dunia, dan kemudian mengembangkan seluruh lini vaksin. Dan semua itu di bawah 103 putaran sanksi AS,” kata Dynkin.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here