COVID-19 – Pakar Rusia ingatkan vaksin COVID-19 bukan obat mujarab

COVID-19 - Pakar Rusia ingatkan vaksin COVID-19 bukan obat mujarab
Ilustrasi. (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Merujuk pada influenza, vaksin COVID-19 tidak akan menjadi obat mujarab bagi penyakit pernapasan tersebut, kata Alexander Rumyantsev, Kepala Pediatrik Hematologi dan Ahli Onkologi dari Kementerian Kesehatan Rusia kepada Kantor Berita TASS pada Jumat (26/6).

“Kami semua menunggu vaksin yang sedang dikembangkan oleh sekitar 20 tim di negara kami. Namun, sebagai dokter, saya tidak berharap vaksinasi ini menjadi obat mujarab 100 persen,” kata Alexander Rumyantsev yang juga menjabat Presiden Pusat Riset Medis Nasional Dmitry Rogachev, Hematologi Anak, Onkologi dan Imunologi.

Menurut dia, saat ini vaksinasi flu dilakukan besar-besaran. Namun, pada waktu yang sama jumlah kematian akibat penyakit ini di seluruh dunia mencapai sekitar 600.000 orang per tahun.

“Artinya, situasinya masih sama, tetapi kita sudah terbiasa. Saya percaya kita akan selamat dari infeksi ini juga,” ujarnya.

Rumyantsev mengatakan ulaya mengembangkan vaksin telah mendorong penelitian baru, khususnya, di bidang virus buatan, virus alami dan evolusi patogen tertentu.

“Hampir setiap tahun kami memiliki infeksi baru karena perubahan habitat, sehingga (situasi) pasti akan berulang,” katanya.

Sampai saat ini, 620.794 kasus virus corona baru telah dikonfirmasi di Rusia, dengan 375.164 pasien telah pulih dari penyakit ini, dan 8.781 kematian.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here