COVID-19 – Komisi Eropa pastikan kualitas vaksin Sputnik V Rusia

COVID-19 – Komisi Eropa pastikan kualitas vaksin Sputnik V Rusia
Ilustrasi. Komisaris Eropa menyatakan bahwa vaksin Sputnik V buatan Rusia merupakan vaksin yang sangat bagus dan ada dalam daftar kandidat untuk digunakan di Uni Eropa. (Hakan German from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Komisaris Eropa untuk Pasar Dalam Negeri Thierry Breton mengatakan pada Rabu (17/3) bahwa vaksin Sputnik V buatan Rusia merupakan vaksin yang sangat bagus dan ada dalam daftar kandidat untuk digunakan di Uni Eropa.

“Kami di UE memiliki portofolio vaksin terbesar, sudah ada empat vaksin, dan mudah-mudahan segera (akan ada) yang kelima,” kata Breton dalam laporan Kantor Berita TASS.

“Kami tentu saja memiliki banyak vaksin lain di planet ini, yang bagus, karena sebelum akhir musim panas ini, Eropa akan divaksinasi, AS akan divaksinasi, tetapi seluruhnya hanyalah 10 persen  dari populasi Bumi,” katanya.

“Di antara kandidat vaksin itu, tentu saja ada Sputnik. Sputnik, tentu saja, merupakan vaksin yang sangat bagus, karena Rusia memiliki ilmuwan yang cukup bagus, dan, tentu saja, saya tidak punya alasan untuk meragukannya,” tambahnya.

“Tapi, seperti yang dikatakan, tampaknya ada beberapa kesulitan saat ini untuk memproduksi vaksin ini, dan itulah mengapa kami melihat banyak permintaan untuk memiliki beberapa fasilitas di Eropa untuk melakukannya. Hampir semua fasilitas kami digunakan saat ini untuk memproduksi vaksin yang telah disetujui. Tetapi, ketika ada cadangan, saya katakan ya, kami harus membantu (membuatnya),” ujar Breton.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here