COVID-19 – Kemenkes mulai distribusikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum

COVID-19 – Kemenkes mulai distribusikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum
Ilustrasi. Indonesia hingga saat ini telah menerima hibah vaksin Moderna dari COVAX Facility sebanyak total 8 juta dosis. Sebanyak 3 juta dosis di antaranya telah dialokasikan untuk 1,4 juta tenaga kesehatan sebagai booster (penguat) atau dosis ketiga. (Ian Hutchinson on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Kementerian Kesehatan RI mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 jenis Moderna untuk masyarakat umum di seluruh provinsi di Tanah Air.

“Vaksin Moderna yang dialokasikan pada pekan kedua Agustus 2021 ini untuk memenuhi kebutuhan dua dosis sekaligus,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, di Jakarta, Kamis (12/8).

Nadia mengatakan vaksin Moderna tersebut diberikan sebanyak dua dosis kepada peserta vaksinasi dengan interval waktu selama empat pekan dari dosis pertama.

Indonesia hingga saat ini telah menerima hibah vaksin Moderna dari COVAX Facility sebanyak total 8 juta dosis. Sebanyak 3 juta dosis di antaranya telah dialokasikan untuk 1,4 juta tenaga kesehatan sebagai booster (penguat) atau dosis ketiga.

Menurut Nadia sekitar 5 juta dosis lainnya dalam proses distribusi ke seluruh daerah untuk dialokasikan bagi masyarakat umum.

Dia menjelaskan, vaksin buatan perusahaan Amerika Serikat itu merupakan vaksin COVID-19 dengan platform mRNA dengan nukleosida yang dimodifikasi.

Kementerian kesehatan mengarahkan agar vaksin Moderna disimpan dalam mesin pendingin pada suhu minus 25 hingga minus 15 derajat Celsius di fasilitas dinas kesehatan.

Sedangkan di fasilitas pelayanan kesehatan, kata Nadia, vaksin Moderna dapat disimpan pada vaccine refrigerator (pendingin vaksin) pada suhu 2 hingga 8 derajat Celsius.

Vaksin COVID-19 Moderna akan diberikan kepada mereka yang belum pernah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here