COVID-19 – Indonesia terima dua juta dosis vaksin dari China dan Sinovac

COVID-19 – Indonesia terima dua juta dosis vaksin dari China dan Sinovac
Indonesia menerima dua juta dosis vaksin COVID-19, masing-masing sebanyak satu juta dosis dari Pemerintah Republik Rakyat China dan perusahaan Sinovac melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten pada Jumat (24/9/2021). (Sekretariat Presiden RI/YouTube/tangkapan layar)

Jakarta (Indonesia Window) –  Indonesia menerima dua juta dosis vaksin COVID-19, masing-masing sebanyak satu juta dosis dari Pemerintah Republik Rakyat China dan perusahaan Sinovac melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten pada Jumat.

“Hari ini telah tiba satu juta dosis vaksin Sinovac bantuan Pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Hari ini juga tiba satu juta dosis vaksin Sinovac bantuan perusahaan vaksin Sinovac yang diberikan secara gratis,” ungkap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan pers secara virtual, menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-78, Jumat.

Sebelumnya, pada Selasa (21/9), Indonesia juga menerima sebanyak 200.000 dosis vaksin Sinopharm dari Palang Merah Republik Rakyat China.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan atas dukungan vaksin yang diberikan, baik oleh Pemerintah RRT, perusahaan Sinovac, dan juga Red Cross Society of China,” ucapnya.

Dengan kedatangan vaksin pada Jumat, maka jumlah vaksin yang telah tiba di Tanah Air adalah sebanyak 273,6 juta, baik dalam bentuk siap pakai maupun bahan baku.

“Kerja sama adalah kunci. Mesin diplomasi kita terus bekerja dengan menjalin kerja sama dalam berbagai bentuk agar kebutuhan vaksin kita tercukupi,” ujar Menlu Retno.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Rakyat China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan bahwa vaksin yang tiba pada Jumat merupakan tambahan dukungan dari Pemerintah China, menyusul bantuan 120 ventilator, 400 generator oksigen, dan alat-alat kesehatan lainnya yang telah dikirim pada Agustus lalu.

“Hingga saat ini, Sinovac dan Sinopharm telah mengirimkan 215 juta dosis vaksin ke Indonesia. Ini hampir 20 persen dari semua vaksin yang diekspor oleh China dalam periode waktu yang sama, dan lebih dari 80 persen dari total vaksin yang diperoleh Indonesia,” jelasnya.

“Di bawah kepemimpinan yang kuat dari Presiden Joko Widodo dan upaya seluruh rakyat Indonesia, China percaya Indonesia akan mampu menangani pandemik dalam waktu dekat dan memulihkan pertumbuhan sosial ekonomi secepatnya. China akan terus berupaya mendukung Indonesia dan upayanya dalam menangani pandemik,” imbuh Dubes Xiao.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here