COVID-19 – Hampir satu juta dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang tiba di Indonesia

COVID-19 – Hampir satu juta dosis vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia
Sebanyak 998.400 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dalam bentuk siap pakai dari Jepang di Indonesia melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (1/7)/2021). (Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Sebanyak 998.400 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dalam bentuk siap pakai tiba di Indonesia melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis.

Vaksin tersebut diperoleh melalui melalui kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang.

“Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Duta Besar Jepang dan kepada Pemerintah Jepang, serta seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin tersebut.

Kedatangan vaksin dari Jepang tersebut merupakan batch pertama dari dua tahap yang direncanakan.

Dengan kedatangan bantuan tersebut, maka jumlah vaksin AstraZeneca yang dimiliki Indonesia menjadi 9.226.800 dosis.

Sejauh ini, secara keseluruhan jumlah vaksin siap pakai yang ada di Indonesia mencapai hampir 100 juta dosis.

Menkes menyampaikan, bantuan vaksin yang dikirimkan oleh Pemerintah Jepang tersebut merupakan wujud dari kedekatan kedua negara yang sudah terjalin sangat lama.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengatakan, vaksin AstraZeneca tersebut diproduksi oleh Daiichi Sankyo Biotech Jepang. BPOM siap untuk mengawal vaksin ini hingga siap digunakan untuk vaksinasi bagi masyarakat Indonesia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here