COVID-19 – Belanda akan berikan bantuan 3 juta vaksin untuk Indonesia

COVID-19 – Belanda akan berikan bantuan 3 juta vaksin untuk Indonesia
Ilustrasi. Pemerintah Belanda akan memberikan bantuan vaksin COVID-19 siap pakai untuk Indonesia sebanyak tiga juta dosis. (Daniel Schludi on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Belanda akan memberikan bantuan vaksin COVID-19 siap pakai untuk Indonesia sebanyak tiga juta dosis.

“Di dalam pembicaraan saya dengan Menlu Belanda, salah satu hasil yang konkret adalah keputusan Pemerintah Belanda untuk memberikan bantuan vaksin ke Indonesia sebesar 3 juta dosis vaksin jadi,” kata ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut dibahas oleh Menlu Retno dalam pertemuan dengan Menlu Belanda Sigrid Kaag di Den Haag pada Kamis (1/7).

Belum ada jadwal pasti kapan bantuan vaksin tersebut akan dikirim, namun akan dilakukan secepatnya.

Selain bantuan vaksin COVID-19, kedua menlu juga menjajaki kemungkinan kerja sama yang serupa untuk obat-obatan terapeutik.

“Tentunya pembicaraan terkait dengan kerja sama kesehatan saya lakukan dengan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Indonesia,” kata Menlu Retno.

Terapeutik adalah obat-obatan yang dibutuhkan untuk mengobati suatu penyakit, seperti cyclosporine dan tacrolimus untuk imunosurpresi (menurunkan kekebalan tubuh); methotrexate dan agen cytotoxic untuk anti kanker; serta obat-obatan anti depresi.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here