COVID-19 – AS pasok Indonesia peralatan kesehatan senilai 30 juta dolar AS

COVID-19 – AS pasok Indonesia peralatan kesehatan senilai 30 juta dolar AS
Ilustrasi. Pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Washington D.C. pada Senin (2/8/2021), Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Jake Sullivan menyampaikan komitmen AS untuk memasok peralatan oksigen, alat kesehatan dan obat-obatan bagi Indonesia senilai 30 juta dolar AS. (Volodymyr Hryshchenko on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Washington D.C. pada Senin (2/8), Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Jake Sullivan menyampaikan komitmen AS untuk memasok peralatan oksigen, alat kesehatan dan obat-obatan bagi Indonesia senilai 30 juta dolar AS.

Dengan bantuan tersebut, maka total dukungan AS untuk Indonesia sejak awal pandemik sebesar 65 juta dolar AS, menurut keterangan tertulis dari Kementerian RI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selain itu, AS juga mengirim vaksin melawan COVID-19 Moderna dalam skema dose-sharing (berbagi dosis) melalui COVAX Facility sebanyak 8.000.160 dosis, termasuk 3,5 juta dosis yang tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten pada Ahad (1/8).

Menlu Retno sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah AS atas dukungannya ​kepada Indonesia dalam mengatasi pandemik COVID-19.

Dalam pertemuan dengan NSA Sullivan, Menlu Retno juga membahas kerja sama jangka panjang antara Indonesia dan AS di bidang kesehatan guna meningkatkan kapasitas nasional, regional dan global dalam menghadapi pandemik di masa mendatang.

“Indonesia mengharapkan dukungan AS untuk dapat membangun kapasitas nasional dalam membuat vaksin dengan teknologi terkini yang berbasis mRNA dan obat terapeutik penyakit menular,” ujar Retno.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here