COVID-19 – Antibodi ditemukan di semua relawan uji vaksin Rusia

COVID-19 – Antibodi ditemukan di semua relawan uji vaksin Rusia
Ilustrasi. Antibodi melawan virus corona terdeteksi pada empat relawan uji vaksin yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Vektor State. (Photo by Hyttalo Souza on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Antibodi melawan virus corona terdeteksi pada empat relawan uji vaksin yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Nasional, Vector, kata Svetlana Usova, Kepala Laboratorium Departemen Pengendalian Biologi dan Teknologi dalam wawancara dengan Channel One pada Kamis (27/8).

“Masih terlalu dini untuk membicarakan imunogenisitas, karena hanya empat orang yang diinokulasi untuk kedua kalinya dengan vaksin setelah 21 hari. Tapi kami mendapatkan hasil yang cukup menggembirakan pada keempat relawan tersebut. Antibodi sudah terdeteksi,” katanya, menurut laporan Kantor Berita TASS.

Menurutnya, para relawan tidak mengalami efek samping yang serius, komplikasi pada bagian sistem saraf pusat dan kardiovaskular, atau peningkatan suhu tubuh.

“Artinya, para relawan dalam keadaan sehat. Kami tidak mengamati efek samping apa pun. Kami tidak melihat efek samping yang serius. Semuanya, katakanlah, berjalan dengan sukses,” tambah peneliti tersebut.

Pusat Penelitian Vector memperoleh izin dari Kementerian Kesehatan Rusia pada 24 Juli untuk melakukan uji klinis vaksin pada sejumlah relawan.

Relawan pertama diinokulasi pada 27 Juli.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here