COVID-19 – Indonesia beri hibah 3 negara Asia-Pasifik untuk tangani pandemik

COVID-19 – Indonesia beri hibah 3 negara Asia-Pasifik untuk tangani pandemik
Pemerintah Indonesia memberikan hibah kepada Kepuluan Solomon, Timor Leste dan Fiji untuk menangani pandemik COVID-19. Hibah tersebut dikokohkan dengan penandatanganan perjanjian hibah yang dilakukan secara hybrid pada Rabu (16/12/2020). (Kementerian Luar Negeri RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Indonesia memberikan hibah kepada tiga negara di kawasan Asia Pasifik, yakni Kepuluan Solomon, Timor Leste dan Fiji untuk menangani pandemik COVID-19.

Hibah tersebut dikokohkan dengan penandatanganan perjanjian hibah yang dilakukan secara hybrid pada Rabu (16/12), menurut keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam acara tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia dan negara-negara Pasifik juga telah mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pembangunan, dan kerja sama teknis.

Hibah yang diberikan Indonesia untuk penanganan pandemik di negara-negara tersebut akan digunakan dalam membiayai pengadaan alat-alat kesehatan yang diproduksi oleh produsen Indonesia.

Selain memberikan hibah untuk penanggulangan COVID-19 bagi Fiji, Indonesia juga membantu pembangunan sekolah Queen Victoria School tahap kedua di negara tersebut.

Sebelumnya, Indonesia juga memberikan bantuan renovasi tahap pertama sekolah tersebut pada 2019 untuk membangun kembali ruang kelas dan asrama pelajar yang rusak karena badai Winston.

Indonesia akan terus memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik guna menciptakan stabilitas, ketahanan, dan pembangunan berkelanjutan di kawasan ini.​

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here