COVID-19 – Liga Dunia Muslim apresiasi Sri Lanka tidak kremasi jenazah Muslim

COVID-19 – Liga Dunia Muslim apresiasi Sri Lanka tidak kremasi jenazah Muslim
Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim (MWL) Dr. Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa. (

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Sri Lanka telah menyetujui permintaan Liga Dunia Muslim (MWL) untuk berhenti mengkremasi jenazah Muslim yang meninggal karena infeksi COVID-19, dan memakamkan sesuai dengan prosedur Islam.

Sekretaris Jenderal MWL Dr. Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa memastikan hal tersebut dalam pembicaraan melalui panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Sri Lanka Dinesh Gunawardena.

Selama pembicaraan itu, Gunawardena mengatakan kepada Al-Issa bahwa pemerintah Sri Lanka telah menyetujui permintaan MWL.

Menlu Srilanka mengatakan bahwa persetujuan itu diharapkan semakin memperkuat hubungan erat antara negara Asia Selatan ini dan MWL, yang merupakan rujukan global bagi negara-negara Muslim dan pemerintah Sri Lanka.

Al-Issa berterima kasih kepada Sri Lanka karena menyetujui permintaan MWL untuk menghentikan kremasi jenazah Muslim dan sebagai gantinya mengizinkan penguburan dengan cara Islam.

Sekretariat Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) juga menyambut baik keputusan pemerintah Sri Lanka tersebut.

OKI mengatakan bahwa pihaknya dalam beberapa kesempatan selama pandemik telah meminta pihak berwenang Sri Lanka untuk menghentikan kremasi jenazah Muslim dan mengizinkan penguburan secara Islami.

Mayoritas penduduk Srilanka yang berpopulasi lebih dari 20,2 juta jiwa memeluk agama Budha sebanyak 70,2 persen, dan diikuti Hindu 12,6 persen.

Sementara itu, jumlah Muslim di Srilanka saat ini mencapai hampir 1,97 juta jiwa atau sekitar 9,7 persen dari total populasi.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here