COVID-19 – Rusia daftarkan vaksin ketiga, CoviVac

COVID-19 – Rusia daftarkan vaksin ketiga, CoviVac
Ilustrasi. Rusia telah mendaftarkan vaksin virus corona ketiganya bernama CoviVac yang dikembangkan oleh Pusat Ilmiah Federal untuk Penelitian dan Pengembangan Produk Kekebalan Tubuh dan Biologi pada Sabtu (20/2/2021). (Hakan German from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Rusia telah mendaftarkan vaksin virus corona ketiganya bernama CoviVac yang dikembangkan oleh Pusat Ilmiah Federal untuk Penelitian dan Pengembangan Produk Kekebalan Tubuh dan Biologi, kata Perdana Menteri Mikhail Mishustin mengatakan pada Sabtu (20/2).

“Saya ingin memulai dengan kabar yang sangat baik. Hari ini kami mendokumentasikan bahwa vaksin ketiga, CoviVac, telah terdaftar. Vaksin ini dikembangkan oleh Chumakov Center,” katanya pada sebuah pertemuan tentang vaksin, menurut Kantor Berita TASS.

CoviVac adalah vaksin virion utuh yang dinonaktifkan atau dilemahkan secara artifisial sehingga tidak mampu menyebabkan penyakit.

Sebanyak 120.000 dosis pertama akan dimasukkan ke sirkulasi sipil paling cepat pertengahan Maret, katanya.

Rusia saat ini adalah satu-satunya negara yang memiliki tiga vaksin COVID-19, jelas Mishustin.

Sebelumnya, pada 11 Agustus 2020, Rusia mendaftarkan vaksin virus corona pertama di dunia bernama Sputnik V yang dikembangkan oleh Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya.

Kemudian, pada Oktober 2020, EpiVacCorona yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Nasional Vector menjadi vaksin COVID-19 Rusia kedua yang terdaftar.

Pusat Ilmiah Federal Chumakov untuk Penelitian dan Pengembangan Produk Kekebalan Tubuh dan Biologi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia adalah organisasi penelitian dunia terkemuka di bidang virologi medis.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here