BI: Indeks keyakinan konsumen lebih baik di bulan November

BI: Indeks keyakinan konsumen lebih baik di bulan November
Masyarakat memadati pusat kuliner di salah satu ruas jalan di Jakarta pada 25 Oktober 2019. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Berdasarkan survei Bank Indonesia pada November 2020, indeks keyakinan konsumen Indonesia terhadap kondisi ekonomi saat ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.

“Indeks Keyakinan Konsumen pada November 2020 menunjukkan keyakinan konsumen 92,0, meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar 79,0,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Keyakinan konsumen semakin menguat di semua kategori pengeluaran responden dan kelompok umur, ujarnya, seraya menambahkan bahwa dari survei tersebut, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, memiliki keyakinan konsumen tertinggi, diikuti oleh ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda dan Bandar Lampung, ibu kota Lampung.

Menurut Erwin, membaiknya keyakinan konsumen tersebut didukung oleh ekspektasi mereka akan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia ke depan, termasuk perluasan kegiatan usaha, pendapatan tenaga kerja yang lebih baik, dan ketersediaan lapangan kerja yang lebih banyak dalam enam bulan ke depan.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi perekonomian saat ini juga semakin membaik meski perekonomian masih berada berkontraksi.

Konsumen juga menunjukkan peningkatan persepsi tentang pendapatan yang lebih baik dan ketersediaan lapangan kerja.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here