Beras premium asal Sragen tembus pasar Arab Saudi

Beras premium asal Sragen tembus pasar Arab Saudi
Beras dengan kualitas premium asal Sragen, Jawa Tengah produksi PT Banyu Bening Jaya resmi menembus pasar Arab Saudi dengan ekspor perdana pada Rabu (16/6/2021). (KBRI Riyadh)

Jakarta (Indonesia Window) – Beras dengan kualitas premium asal Sragen, Jawa Tengah produksi PT Banyu Bening Jaya resmi menembus pasar Arab Saudi dengan ekspor perdana pada Rabu (16/6).

Perusahaan mitra, Batlah Cooperation for Operation and Maintenance, berperan sebagai distributor beras tersebut di pasar Arab Saudi.

Sebanyak 20 ton beras Sragen diekspor pada tahap pertama tesebut, dari rencana total 1.000 ton, dan diharapkan menambah nilai perdagangan yang signifikan antara Indonesia dan Arab Saudi.

Kabupaten Sragen adalah lumbung padi peringkat ke-11 secara nasional dan peringkat tiga di Provinsi Jawa Tengah.

Ekspor beras perdana tersebut diharapkan menjadi pembuka jalan untuk mengenalkan produk beras Indonesia di pasar Arab Saudi.

Eskpor tersebut merupakan sinergi Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Kabupaten Sragen, dan Propinsi Jawa Tengah.

Arab Saudi merupakan negara mitra dagang dan tujuan ekspor Indonesia ke-21.

Nilai ekspor non migas (minyak dan gas bumi) Indonesia ke Arab Saudi pada periode April 2021 meningkat cukup baik sebesar 5,94 persen dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu dari 519,86 juta menjadi 550,76 juta dolar AS.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here