AS tawarkan Indonesia pesawat tempur generasi ke-4 dan 4,5 sebelum F-35

AS tawarkan Indonesia pesawat tempur generasi ke-4 dan 4,5 sebelum F35
F-16 Block 72. (Lockheed Martin)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Amerika Serikat tengah menyiapkan tawaran kepada Indonesia untuk pembelian pesawat tempur generasi ke-4 dan 4,5 sebelum mendapatkan F-35.

“Sekarang AS sedang menyiapkan offer (penawaran), memberikan Indonesia beberapa proposal yg sebenarnya belum kita lihat sebelumnya. AS bakal memberikan semuanya untuk Indonesia tanpa reservasi,” kata Duta Besar RI untuk AS, Muhammad Lutfi, dalam jumpa pers virtual pada Senin (2/11).

Dia menjelaskan bahwa untuk memperoleh pesawat tempur F-35 yang merupakan generasi ke-5, Indonesia terlebih dahulu harus memiliki generasi ke-4 dan 4,5.

“Untuk mencapai F-35, generasi ke-4 dan 4,5 ada di generasi F-16 Block 72, yang merupakan pesawat tempur paling mutakhir sebelum F-35,” kata dubes.

Dia menambahkan bahwa masa tunggu untuk memperoleh F-35 sudah mencapai sembilan tahun.

“Saat ini pesawat tempur yang kita miliki adalah F-16 versi A/B. Ini sudah tua sekali. Selain kita remajakan menjadi versi C/D, kita juga mendapat tawaran untuk F-16 Block 72,” jelas Dubes Lutfi.

Menurut dia, penawaran pesawat tempur generasi ke-4 dan 4,5 tersebut merupakan bagian dari diplomasi AS karena Indonesia memiliki nilai yang sama dalam demokrasi dan kebebasan.

F-35 buatan Lockheed Martin adalah pesawat tempur generasi ke-5 yang menggabungkan teknologi siluman canggih dengan kecepatan dan kelincahan tempur, informasi sensor yang sepenuhnya menyatu, serta operasi yang didukung jaringan.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here