Arab Saudi akan keluarkan paspor elektronik

Arab Saudi akan keluarkan paspor elektronik
Ilustrasi. (Blake Guidry on Unsplash)

Bekasi, Jawa Barat (Indonesia Window) – Asisten Menteri Dalam Negeri untuk Urusan Teknis, Bandar Bin Abdullah Al-Mashari, mengatakan bahwa paspor warga Saudi akan diganti dengan paspor yang dapat dibaca mesin (MRP) dalam waktu dekat, menurut laporan Saudi Gazette yang dikutip pada Kamis.

Layanan paspor elektronik baru akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, katanya saat berbicara kepada wartawan.

Bandar mengatakan, paspor tersebut akan memiliki chip elektronik yang berisi data pemegang paspor, yang dapat dibaca oleh mesin di semua bandara di seluruh dunia.

“Layanan pembaruan kartu tanda penduduk warga negara Saudi juga dapat dilakukan dari mana saja di dunia tanpa perlu mengunjungi kantor Status Sipil, dan akan dikirimkan ke penerima melalui pos,” terangnya.

Menteri mengatakan bahwa semua instansi pemerintah yang memberikan visa telah mengizinkan pendaftaran biometrik dan sidik jari ketika mengeluarkan visa digital tanpa perlu mengunjungi kedutaan.

“Layanan ini akan tersedia untuk semua orang sesuai dengan jadwal yang disepakati antara Kementerian Luar Negeri dan semua instansi pemerintah yang terkait dengan masing-masing jenis visa,” katanya.

Laporan: Raihana Radhwa

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here