APEC luncurkan Visi Putrajaya 2040

APEC luncurkan Visi Putrajaya 2040
Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 2020 digelar secara virtual pada Jumat (20/11/2020) dan menghasilkan dokumen visi 2040 dan Deklarasi Kuala Lumpur. (Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada Jumat (20/11) meluncurkan Visi Putrajaya 2040, yang menjadi aspirasi untuk pertumbuhan ekonomi saat ini dan dalam 20 tahun ke depan, menurut Kantor Berita Bernama.

Visi baru tersebut menggantikan Bogor Goals yang ditetapkan 1994 ketika para pemimpin APEC bertemu di Bogor, Jawa Barat dan diadopsi untuk tujuan jangka panjang perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka di kawasan.

Visi Putrajaya 2040 diumumkan oleh Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin yang memimpin pertemuan para pemimpin APEC secara virtual.

Dalam pernyataan penutupnya, Muhyiddin menegaskan bahwa inti dari Visi Putrajaya 2040 adalah komunitas Asia Pasifik yang terbuka, dinamis, tangguh, dan damai pada tahun 2040 demi kemakmuran rakyat dan generasi mendatang.

“Mari kita sekarang bekerja dalam solidaritas untuk mencapai visi ini. Bersama sebagai keluarga APEC, kita bisa mewujudkannya,” ujar PM Malaysia.

Pada tahun 2018, para pemimpin tidak dapat mencapai konsensus tentang Deklarasi Pemimpin dan pada tahun 2019, Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC dibatalkan karena situasi domestik di Chili.

Keketuaan APEC berikutnya diserahkan kepada Selandia Baru.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here