Alat tulang berusia 99.000 tahun diyakini tertua di China

Alat tulang berusia 99.000 tahun diyakini tertua di China
Ilustrasi. Perkakas kuno zaman purba. (humanorigins.si.edu)

Jakarta (Indonesia Window) – Para arkeolog telah menemukan sekop gading yang berusia sekitar 99.000 tahun di sebuah situs paleolitik di Provinsi Shandong, China bagian timur, yang diyakini sebagai salah satu perkakas tulang gerinda paling awal yang ditemukan di negara ini.

Li Gang, seorang peneliti dari relik budaya provinsi dan lembaga arkeologi, mengatakan lapisan situs yang ditemukan di Kabupaten Yishui tebalnya hampir delapan meter. Delapan lapisan budaya ditemukan di sini dan lebih dari 5.000 keping artefak batu, produk tulang, gigi dan tanduk serta fosil hewan digali di situs tersebut.

Sangat jarang di seluruh dunia menemukan peninggalan gading yang digunakan untuk membuat alat-alat praktis sekitar 100.000 tahun yang lalu.

Li mengatakan sekop gading dan tanah dari lapisan yang sama dari situs tersebut diberi tanggal dengan metode seri uranium dan metode fotoluminesensi. Data penanggalan menunjukkan bahwa mereka masing-masing berusia 99.000 dan 104.000 tahun.

Artefak mencerminkan gaya hidup dan pembuatan alat manusia purba, dan penting untuk studi tentang evolusi manusia purba di China dan Asia Timur, kata Li.

Sumber: Kantor Berita China

Lapora: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here