600 ribu hektar kawasan mangrove akan direstorasi

600 ribu hektar kawasan mangrove akan direstorasi
Ilustrasi. Indonesia akan melakukan penanaman kembali 600 ribu hektar kawasan mangrove atau bakau dalam tiga tahun ke depan. (Bishnu Sarangi from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Indonesia akan melakukan penanaman kembali 600 ribu hektar kawasan mangrove atau bakau dalam tiga tahun ke depan, kata Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rabu.

“Area mangrove kita yang rusak mencakup hampir satu juta hektar. Target kita dalam tiga tahun ke depan adalah (penanaman kembali) 600 ribu hektar melalui program ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan pada peluncuran virtual Program Pemulihan Ekonomi Nasional Padat Karya melalui Restorasi Terumbu Karang.

Dia mengatakan, penanaman kembali kawasan mangrove akan berdampak luas pada perdagangan emisi karbon atau yang dikenal dengan kredit karbon antarnegara.

Indonesia memiliki 75-80 persen kredit karbon dunia yang berasal dari hutan, bakau, gambut, rumput laut, dan terumbu karang.

Saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sedang mempersiapkan format agar Indonesia bisa menjual emisi karbon.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here