Banner

Yunani naikkan upah minimum dan tunjangan pensiun, atasi krisis energi dan inflasi

Seorang pria bekerja di sebuah pasar di Athena, Yunani, pada 8 Juli 2022. (Xinhua/Marios Lolos)

Krisis energi dan inflasi Yunani mendorong pemerintahan PM Kyriakos Mitsotakis mengumumkan paket kebijakan baru, termasuk menggelontorkan tambahan subsidi untuk tagihan listrik dan biaya pemanas.

 

Athena, Yunani (Xinhua) – Perdana Menteri (PM) Yunani Kyriakos Mitsotakis pada Sabtu (10/9) mengumumkan paket kebijakan baru termasuk menaikkan upah minimum dan tunjangan pensiun untuk lebih membantu rumah tangga dan kalangan bisnis mengatasi krisis energi dan tingginya inflasi.

Banner

Paket kebijakan berisi 21 langkah itu mencakup tambahan subsidi untuk tagihan listrik dan biaya pemanas, di samping anggaran 8 miliar euro yang telah dialokasikan dalam beberapa bulan terakhir. Yunani juga akan memotong pajak serta menaikkan upah minimum dan tunjangan pensiun, yang akan mulai berlaku per akhir tahun ini dan pada 2023.

Krisis energi dan inflasi Yunani
Seorang pria mengisi bahan bakar sepeda motor di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Athena, Yunani, pada 8 Juli 2022. (Xinhua/Marios Lolos)

Tunjangan pensiun, untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, akan dinaikkan, dan upah minimum bulanan kotor juga akan ditingkatkan lebih lanjut, kata Mitsotakis.

“Semua ini merupakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung masyarakat melewati musim dingin terberat dalam beberapa dekade terakhir,” katanya dalam upacara pembukaan Thessaloniki International Fair (TIF) ke-86, sebuah pameran perdagangan tahunan yang diadakan di kota pelabuhan Thessaloniki di Yunani utara.

Banner

Pendapatan siap dibelanjakan (disposable income) dari banyak warga Yunani akan meningkat dan rumah tangga yang paling rentan akan menerima manfaat tambahan, kata sang PM dalam pidatonya yang disiarkan oleh lembaga penyiaran nasional Yunani, ERT.

Selain itu, guna lebih mendukung kaum muda, pemerintah juga akan menyubsidi sewa atau pembelian dan renovasi tempat tinggal utama.

Krisis energi dan inflasi Yunani
Seorang pelanggan memilih produk minyak di sebuah pasar swalayan di Athena, Yunani, pada 1 April 2022. (Xinhua/Marios Lolos)

Subsidi bahan bakar

Pada 21 Juni lalu, PM Mitsotakis mengumumkan perpanjangan subsidi konsumsi bahan bakar untuk tiga bulan ke depan guna meringankan beban anggaran rumah tangga dan bisnis di tengah krisis energi yang menghantam dunia.

Banner

Konsumen yang sebelumnya menerima 35-55 euro untuk konsumsi bahan bakar mobil dan sepeda motor pada kuartal kedua tahun ini, akan menerima 60-100 euro untuk Juli hingga Oktober, kata Mitsotakis dalam rapat kabinet.

Lebih banyak pengemudi kendaraan bermotor nantinya juga akan memenuhi syarat menerima subsidi, dengan ambang batas kriteria pendapatan diubah untuk memasukkan kelas menengah.

Krisis energi dan inflasi Yunani
Harga bensin dan solar terpampang di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Athena, Yunani, pada 11 Maret 2022. (Xinhua/Marios Lolos)

Total subsidi Yunani untuk bahan bakar telah mencapai 580 juta euro, sedangkan bantuan langsung dan tidak langsung untuk mengurangi kenaikan harga energi mencapai 8 miliar euro, kata Mitsotakis kepada lembaga penyiaran nasional Yunani, ERT.

Banner

Jumlah tersebut termasuk subsidi untuk konsumsi listrik rumah tangga dan bisnis, dan program yang akan diluncurkan dalam beberapa hari mendatang untuk membantu konsumen mengganti 400.000 peralatan listrik tua, seperti penyejuk udara (AC) dan lemari es, dengan peralatan yang lebih hemat energi.

Krisis energi dan inflasi Yunani
Seorang pegawai SPBU mengisi bahan bakar ke tangki sepeda motor di Athena, Yunani, pada 31 Maret 2022. (Xinhua/Marios Lolos)

Tingkat inflasi tahunan Yunani mencapai 11,3 persen pada Mei, menyentuh rekor 29 tahun, menurut Hellenic Statistical Authority (ELSTAT) sebelumnya pada bulan ini.

Peningkatan ini terutama disebabkan oleh kenaikan biaya energi selama setahun terakhir.

Banner

Harga gas alam melonjak 172,7 persen dibandingkan satu tahun lalu, sementara harga listrik naik 80,2 persen, kata ELSTAT, sementara harga bahan bakar dan pelumas naik 36,6 persen dibandingkan Mei 2021, tunjuk data resmi.

*1 euro = 14.881 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan